Panduan Aplikasi EPIK Kurikulum 2013
Di Tulis Oleh SDN 149/VI on Minggu, 21 Juli 2013 | 6:32 AM
EPIK adalah sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum. Sistem ini dikelola oleh Unit Implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Dokumen Panduan Penggunaan Aplikasi EPIK (Role Sekolah) ini dibuat dengan tujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan penggunaan aplikasi EPIK untuk sekolah yang mempunyai peran meng-konfirmasi penerimaan paket buku dari perusahaan.
Fungsi utama EPIK adalah :
- Menampilkan informasi untuk publik secara detail mengenai 6.326 Sekolah Sasaran, 74.289 PTK Sasaran, Jadwal dan Lokasi Pelatihan di 6 Region dan 32 LPMP.
- Memantau Status Distribusi Paket Buku ke LPMP dan sekolah Kurikulum 2013 sebagai
e-livereport
EPIK di operasikan oleh 7 kelompok operator sebagaimana gambar berikut :
Gambar 1.1: Kelompok Operator EPIK
EPIK berada di server fasilitas awan (Cloud) Jardiknas Pustekom dengan nama sub-domain kurikulum.kemdikbud.go.id . EPIK dapat diakses oleh sekelompok operator dengan tingkat dan hak akses (Privilage) yang telah diatur oleh Administrator.
Perangkat lunak yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
!Browser Internet Explorer minimal versi 9.0, Mozilla Firefox minimal versi 4.0 , Google Chrome minimal versi 10.0 atau browser lainnya yang mendukung HTML5.
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses aplikasi adalah :
!Komputer atau notebook dengan sistem operasi baik Windows, Linux atau MacOS atau piranti bergerak dengan aplikasi browser HTML5
Sumber daya manusia yang dimaksud disini adalah setiap individu yang memiliki akses pada aplikasi EPIK. Baik dari Unit Implementasi Kurikulum (UIK), Direktorat, Sekolah, PTK dan user yang memiliki hak untuk mengakses menu administrator.
Cara Menggunakan Aplikasi EPIK
Pada kolom web browser, ketik :
http://kurikulum.kemdikbud.go.id
Yang bisa masuk ke aplikasi EPIK adalah akun yang telah terdaftar. Untuk role Sekolah silahkan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah didaftarkan oleh administrator. Misal untuk masuk sebagai SMP NEGERI 1 MALANG menggunakan nama pengguna : SMP NEGERI 1 MALANG, kata sandi : SMPN NEGERI 1 MALANG. Berikut adalah tampilan ketika pengguna berhasil masuk dengan hak akses sebagai role Sekolah :
Gambar 3.3 : Halaman Utama Role Sekolah
4 Menu dan Cara Penggunaan
Adapun menu – menu yang ada pada role Sekolah adalah :
1.Konfirmasi Penerimaan
Untuk konfirmasi penerimaan paket buku yang diterima dari perusahaan
2.Bantuan
Bantuan adalah menu untuk mengisi pengaduan atau masukan berkaitan dengan distribusi paket buku.
4.1Konfirmasi Penerimaan
Konfirmasi penerimaan mempunyai 2 sub menu, yaitu Konfirmasi untuk melihat daftar paket buku yang harus dikonfirmasi, dan Telah Dikonfirmasi yaitu daftar penerimaan paket buku yang sudah dikonfirmasi
4.1.1 Konfirmasi
Paket buku yang dikirimkan oleh perusahaan akan masuk dalam menu Konfirmasi ini.Tekan tombol pada kolom Aksi untuk meng-konfirmasi paket buku baru
Gambar 4.1 : Daftar Konfirmasi Penerimaan
Isikan Tanggal Penerimaan dan No.Bukti Penerimaan. Pada tabel Detail Penerimaan ada keterangan jumlah paket yang harusnya diterima. Jika jumlah paket yang diterima sama dengan jumlah yang ada dikolom Jumlah Paket , maka anda bisa langsung menekan tombol
Gambar 4.2 : Form Konfirmasi dengan Jumlah Paket Benar
Jika paket yang diterima tidak sesuai dengan yang tertera pada kolom Jumlah Paket , silahkan mengisikan berapa jumlah paket yang diterima dan berikan komentar pada Catatan.
Gambar 4.3 : Form Konfirmasi dengan Jumlah Paket Salah
Setelah paket berhasil dikonfirmasi maka pada kolom aksi terdapat keterangan “Sudah Dikonfirmasi”
Gambar 4.4 : Sukses Konfirmasi Paket
4.1.2 Sudah Dikonfirmasi
Menu ini untuk melihat daftar paket yang sudah dikonfirmasi.
Gambar 4.5 : Daftar Sudah Dikonfirmasi
Klik tombol untuk melihat detail penerimaan paket
Gambar 4.6 : Detail Konfirmasi Paket
4.2 Bantuan
4.2.1 Daftar Bantuan
Berisi daftar pengaduan atau masukan dari Sekolah berkaitan dengan distribusi paket buku
Gambar 4.7 : Daftar Bantuan
4.2.2 Tambah Bantuan
Untuk menambah bantuan klik tombol
Gambar 4.8 : Tambah Bantuan
5 Ganti Kata Sandi
User bisa mengganti kata sandi dengan cara klik link username pada header halaman. Misal pada contoh gambar dibawah ini klik link SMP NEGERI 01 MALANG.
Setelah itu akan masuk ke halaman Ganti Kata Sandi dan Informasi Pribadi seperti gambar dibawah ini. Isikan kata sandi baru pada Kata Sandi kemudian ulangi pada Konfirmasi Kata Sandi. Jika kata sandi yang dimasukkan benar maka akan tampil keterangan “Kata Sandi
Sesuai” . Kemudian klik tombol dan klik Keluar untuk login kembali menggunakan kata sandi baru.
Gambar 5.2 : Halaman Ganti Kata Sandi dan Informasi Pribadi
Isikan informasi tentang sekolah pada Informasi Pribadi khususnya yang bertanda (*) yang
artinya wajib diisi. Email wajib disini karena digunakan ketika user ingin Forgot Password .
6 Lupa Kata Sandi (Forgot Password)
Jika user lupa kata sandi, maka user bisa mengetahuinya dengan klik Lupa Kata Sandi pada halaman login seperti gambar dibawah ini
Anda akan diminta untuk memasukkan email dan klik
Gambar 6.2 : Masukkan Email
Kemudian tampil konfirmasi untuk mengecek email anda seperti berikut
Ikuti link yang diberikan pada email sehingga tampil halaman untuk memasukkan kata sandi
baru
Gambar 6.4 : Masukkan Kata Sandi Baru
Posting Komentar